Rabu, 27 Oktober 2010

Menganalisis Perseroan Terbatas

Sebelum menceritakan dan menganalisa segala kegiatan organisasi yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) adakalanya kita mengetahui apa itu Organisasi ? dan apa itu Perseroan Terbatas (PT) ?

Menurut  Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

Sedangkan Perseroan Terbatas (PT) dulu disebut juga Naamloze Vennootschaap (NV), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari , yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.


Perseroan terbatas merupakan dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbat

            1 Perseroan Terbuka yaitu perseroan yang pemilik sahamnya terbuka bagi masyarakat dan saham-sahamnya dijual melalui pasar modal (Go Public) jadi setiap orang berhak membeli saham tersebut.
            2 Perseroan Tertutup yaitu perseroan yang pemilik sahamnya hanya dimiliki sebagian orang tertentu saja misalnya pemegang saham hanya dari keluarga atau sahabat saja dan tidak dijual kepada masyatakat umum.
            3 Perseroan Kosong yaitu perseroan yang sudah tedaftar dan memiliki izin tetapi tidak adakegiatannya.



Berikut adalah struktur organisasi dalam Perseroan Terbatas






Berikut kebaikan dan keburukan dalam mendirikan Perseroan Terbatas

Kebaikan Perseroan Terbatas
1.     Kewajiban terbatas. Tidak seperti partnership, pemegang saham sebuah perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk obligasi dan hutang perusahaan. Akibatnya kehilangan potensial yang "terbatas" tidak dapat melebihi dari jumlah yang mereka bayarkan terhadap saham. Tidak hanya ini mengijinkan perusahaan untuk melaksanakan dalam usaha yang beresiko, tetapi kewajiban terbatas juga membentuk dasar untuk perdagangan di saham perusahaan.
2.    Masa hidup abadi. Aset dan struktur perusahaan dapat melewati masa hidup dari pemegang sahamnya, pejabat atau direktur. Ini menyebabkan stabilitas modal, yang dapat menjadi investasi dalam proyek yang lebih besar dan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada aset perusahaan tetap dapat menjadi subyek disolusi dan penyebaran. Kelebihan ini juga sangat penting dalam periode pertengahan, ketika tanah disumbangkan kepada Gereja (sebuah perusahaan) yang tidak akan mengumpulkan biaya feudal yang seorang tuan tanah dapat mengklaim ketika pemilik tanah meninggal.
3.    Efisiensi manajemen. Manajemen dan spesialisasi memungkinkan pengelolaan modal yang efisien sehingga memungkinkan untuk melakukan ekspansi. Dan dengan menempatkan orang yang tepat, efisiensi maksimum dari modal yang ada. Dan juga adanya pemisahan antara pengelola dan pemilik perusahaan, sehingga terlihat tugas pokok dan fungsi masing-masing.
4.  Saham yang dapat di jualbelikan sangat mudah di dapat untuk Perseroan Terbuka dapat melihat atau menjual di Pasar Modal.
5.  Resiko kerugain pemegang saham sangat kecil karena tidak menjamin seluruh kekayaan pribadi tergantuk besar atau kecil yang saham yang kita tanamkan di perushaan tersebut.
Keburukan Perseroan Terbatas
1 Untuk mendirikan PT tidaklah mudah selian melalui proses yang sangat rumit  mendirikan PT juga memakan biaya yang sangat maha karena sudah di anggap sebagai badan hukum.
 2   Kemungkinan para pesaing memanfaatkan informasi yang berada di pasar modal karena disana segala informasi sangat terbuka untuk masyarakat umum.

Contoh Perusahan yang bergerak di bidang Perseroan Terbatas (PT)
PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)
RCTI adalah statsiun swasta pertama di indonesia yang berdiri pada 24 agustus 1989 .Sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia mulai mengudara secara terrestrial di Jakarta. Menayangkan berbagai macam program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik. RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen perubahan dan pembaharu dalam dinamika sosial masyarakat di Indonesia.
Saat ini RCTI merupakan stasiun televisi yang memiliki jaringan terluas di Indonesia. Melalui 48 stasiun relay-nya program-program RCTI disaksikan oleh sekitar 180 juta pemirsa yang tersebar di 302 kota di seluruh Nusantara, atau kira-kira 80 % dari jumlah penduduk Indonesia. Kondisi demografi ini disertai rancangan program-program menarik diikuti rating yang bagus, menarik minat pengiklan untuk menayangkan promo mereka di RCTI.
RCTI merupakan perusahan yang berbentuk Perseroan Terbatas terbuka karena mereka dalam menjual saham sahamnya melalui pasar modal dan masyarakat umum berhak membeli saham tersebut(Go Public).Banyak perusahaan mempromosikan produknya melalui iklan di televisi dan salah satu pendapatan terbesar RCTI berasal dari iklan tersebut.Bukan hanya para produsen yang memasang iklan di televisi para partai politikpun banyak yang berkampanye melalui iklan di televisi karena melalui kampanye di iklan memang cukup efektif namun dalam beriklan di televisi tidaklah murah apalagi beriklan di RCTI yang jangkaunya luas dan paling banyak di tonton tergantung besarnya rating acara yang di tayangkan semakin besar ratingnya maka semakin besar pula biaya iklan tersebut.....


Sumber  :   http://id.wikipedia.org/wiki/Perseroan_terbatas
                  http://www.rcti.tv/page/profil-perusahaan
                 Digital Books Tingkat 1 Univrsitas Gunadarma 
                 (Pengantar Bisnis)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar