Minggu, 07 November 2010

Marketing Mix ( Bauran Pasar )

Sebelum kita menganalisis sebuah toko dan yang dilakukan toko tersebut dengan bauran pemasaran (marketing mix) adakalanya kita mengetahaui sedikit tentang bauran pemasaran (marketing mix)

Pemasaran atau (marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan infomasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Sedangkan bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:



1 Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Secara singkat macam Promosi dijelaskan sebagai berikut :
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.


Dan disini akan menganalisis tentang toko yang bergerak dalam bidang konsumsi yaitu Ayam Bakar Mas Mono !!
  • Produk : Sesuai dengan namanya Ayam Bakar Mas Mono produk ini adalah suatu jenis ayam bakar yang bisa disebut juga fast food toko ini termasuk jenis produk barang konsumsi yaitu jenis Convenience goods atau juga disebut Produk sehari-hari dah mudah di dapat Convenience goods adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalam membandingkan dan membeli.
  • Price : Dalam mentukan strategi harga ayam bakar mas mono sangat berfariasi dari memakai sistem Odd Pricing yaitu sistem yang menetapkan harga yang ganjil atau sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yang akan dibeli lebih murah Contoh : 14,999. Selain itu juga memakai strategi Multiple-Unit Pricing / Harga Rabat Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak bisanya para pemesan yang memesan banyak untuk sesuatu acara tertentu
  • Place : atau tempat yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Dalam menentukan tempat ayam bakar mas mono mentukan tempat yang sangat strategis contohnya di Jl. Margonda Raya No.423A Depok samping pintu Universitas Gunadarma lokasi yang stategis di depan kampus merupakan lokasi yang tepat targetnya adalah Mahasiswa bukan hanya mahasiswa saja karena masyarakat disana cukup banyak dan dekat sekali dengan Mal.
  • Promotion Mix : Dalam menentukan Promotion mix ayam bakar mas mono hanya dikenal melalui pembicaraan dari mulut ke mulut saja atau juga melakukan promotion yang tidak memakan biaya banyak seperti melalui media cetak atau media internet seperti facebook juga facebook

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
              http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/konsep-bauran-pemasaran-marketing-mix.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar